gempa cilacap

 Badan Meteoreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mencabut peringatan dini potensi tsunami pasca gempa 7,1 skala richter (SR) yang menggoyang Cilacap, Jawa Tengah. Rasio yang kami terima gempa mencapai daerah jakarta-yogyakarta

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi di 293 km barat daya Cilacap atau 10.01 LS dan 107.69 BT dengan kekutan 7,1 SR dengan kedalaman 10 km berpotensi tsunami.

Atau 293 kilometer Barat Daya Cilacap, Jawa Tengah, 303 kilometeri Barat Daya Tasikmalaya, Jawa Barat, 306 kilometer Barat Daya Ciamis, Jawa Barat, 334 kilometer Barat Daya Purwokerto, Jawa Tengah, dan 437 kilometer Tenggara Jakarta.

Kepala Informasi Gempa BMKG, Suharjono mengatakan peringatan tersebut sudah dicabut pada pukul 04.40 WIB.



"Jadi berdasarkan informasi dari alat pemantau gelombang air laut yang berada di Cilacap warning sudah dicabut," katanya kepada okezone, Senin (4/4/2011).

Suharjono mengatakam masyarakat tidak perlu panik dan diharapkan bisa kembali ke rumah masing-masing.

Guncangan gempa tersebut terasa terutama mereka yang sedang berada di gedung bertingkat dan berlangsung dalam waktu sekitar dua menit. Sementara dari Cilacap dilaporkan, sejumlah warga Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, yang merasakan gempa tersebut segera keluar rumah dan memukul kentungan.

Sementara itu di Kota Cilacap, warga mulai memadati alun-alun setempat untuk berlindung. Mereka bingung mencari tempat perlindungan dikarenakan saat gempa terjadi pada dini hari dimana sebagian warga tertidur pulas.

"Saya yang tertidur pulas langsung bangun seketika saat terjadi gempa, saya dan keluarga hanya bingung dan minta pertolongan alloh serta berusaha keluar dari rumah secepat mungkin agar tidak menjadi korban”, kata warga kebumen kelurahan sinungrejo, kecamatan ambal, lisa fibrianti. Ternyata dijarak yang lumayan jauh pun gempa masih terasa kencang.

Selain itu, pihaknya saat ini sedang melakukan pemantauan dan menunggu laporan dari satuan pelaksana penanggulangan bencana (Satlak PB) yang ada di daerah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

belajar bareng © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers